Kamis, 05 April 2012

Radio Online Jepang

Ingat saya pernah memposting tentang japanAradio, radio online yang memutar lagu-lagu dari jepang. Kini saya sudah jarang mengunjungi radio tersebut. Sudah malas, bukan, ini karena ada satu situs yang menyediakan banyak pilihan stasiun radio jepang. Ya, kali ini benar-benar radio dari jepang, bukan hanya radio yang hanya memutar lagu-lagu jepang tanpa ada percakapan atau dj/host'nya sama sekali. Stasiun-stasiun radio online yang saya temui kali ini benar-benar terasa seperti kita mendengarkan radio di jepang sana. Selain memutar lagu-lagu jepang, stasiun-stasiun tersebut juga memiliki berbagai macam acara atau program-program seperti halnya radio indonesia. Ketika program lagu juga, tidak asalkan lagu non-stop, tetapi ada host yang mengantarkannya.


Banyak mendengarkan percakapan dalam bahasa jepang memang yang saya butuhkan saat ini. Meskipun sepatah-sepatah yang saya bisa pahami, tetapi tetap saja hakl tersebut bisa menambah daftar kosakata kita, selain membiasakan diri mendengarkan orang jepang berbincang-bincang, seperti mendengarkan "native Speaker" dengan gratis.

Berikut link menuju surfde music, situs yang menyediakan siaran radio dari berbagai negara, Indonesia juga ada .


Dari sekian banyak raqdio tersebut, radio3 menjadi favorit saya, selain karena memang tidak membutuhkan internet yang begitu kencang, ya, hanya membutuhkan 24 kbps, atau setara dengan 3-4 kB/s untuk mendengarkan radio dengan lancar, radio ini juga sering memperdengarkan alunan lagu enka, genre khusus di jepang. genre ini begitu enak di dengar di telinga, kalau orang bilang, Jepang banget, klasik, jadul, tapi justru ini yang disukai oleh orang luar negeri.

2 komentar: