Kamis, 12 April 2012

Touring ke Teluk Penyu dan Nusakambangan

Sudah lama sebetulnya aku ingin menuliskan postingan ini, akhirnya baru kesampaian sekarang. Selain touring ini, masih banyak lagi topik postingan yang belum sempat aku tulis. Semuanya masih menumpuk di list'ku. Hari itu hari sabtu, tanggal 4 februari 2012. Janjian jam 7 kumpul, nyatanya, jam setengah 9'an kita baru mau berangkat. Perjalan sekitar satu jam kita tempuh dari Purwokerto menuju ke Cilacap. Sampai di pantai teluk penyu, kami semua tidak ada yang mengeluarkan biaya untuk masuk ke tempat wisata, entah karena penjaganya belum di tempat, atau karena kita masuk lewat "jalur lain". Sampai disana, satu persatu temanku langsung mencari satu temapt. Toilet. Entah karena lupa buang air besar atau efek dari  perjalan jauh, awalnya hanya satu, namun yang lainya pun akhirnya ikut menyusul.

Rencana awal memang bukan teluk penyu yang menjadi tujuan kita, tetapi pantai pasir putih di pulau nusa kambangan'lah point yang ingin kita tuju. Namun karena masih terlalu pagi, kita memutuskan istirahat dahulu sambil berfoto-foto di ujung pantai, tempat paling dekat untuk menyeberang ke nusa kambangan dari teluk penyu. Hari mulai beranjak siang, waktu yang dirasa cukup tepat untuk menyeberang berdasarkan hasil diskusi kita. Dipanggilah tukang perahu untuk kemudian bernegosiasi dengan cukup alot karena sang tukang tidak mau menurunkan harganya. Kami pun menyerah, karena sudah kepalang sampai sini, akhirnya deal dengan tukang perahu dengan fee pulang-pergi sebesar 10.000 per orang, kami ber-delapan waktu itu. Uang diberikan kita kembali nanti, karena memang seperti itu aturannya, kai hanya diberi selembar tiket dengan nama perahu dan nomor hape sang pengemudi. Perahu pun kami naiki, kemudian melaju menuju pulau yang terkenal dengan penjaranya, nusa kambangan.

Di nusa kambangan, begitu turun dari perahu kita langsung melanjutkan perjalanan menuju pantai pasir putih yang ada di ujung jalur wisata, sekitar 20-30 menit berjalan kaki. Untuk memasukinya, kita harus membeli tiket seharga 3.500 rupiah per kepala. Setelah lelah berjalan, naik turun bukit, pantai pasir pun menyapa, tak perlu lama, teman-temanku pun langsung berfoto-foto dengan hebohnya karena memang tidak ada pengunjung lain selain kita, mungkin karena masih terlalu pagi juga. Sekitar dua sampai tiga jam kita berada di pantai tersebut hingga merasa sudah cukup banyak nasris-narsisanya, kami pun memustuskan untuk kembali, tentunya, kembali berjalan jauh lagi. Sampai di tempat penjemputan perahu untuk kembali ke teluk penyu, kami menunggu tukang perahu cukup lama. Sempat bingung, karena kapalnya ada, tapi tidak ada tukangnya. Dihubungi katanya sebentar-sebentar, hingga hampir satu jam, baru nongol itu tukang perahu. Celakanya lagi, di perjalan dari nusakambangan menuju teluk penyu, banyak dari kami yang kecipratan air laut, padahal pas berangkatnya aman-aman saja, alahasil, basah kuyup lah.

istirahat di mini market
teluk penyu
pantai pasir putih nusa kambangan


pelabuhan mini, tempat menurunkan pengunjung

1 komentar: