Kamis, 20 Oktober 2011

Jaket Kulit Jangan Dicuci

Beberapa waktu lalu ketika jaket yang biasa saya gunakan sudah terlalu bau untuk dipakai, saya taruh saja ke tempat pakaian-pakaian kotor menumpuk, untuk kemudian dicuci. Esok harinya tahunya saya diberitahu oleh ibu bahwa jaket kulit seperti itu tidak bisa dicuci. Lha terus bagaimana menghilangkan baunya maupun kototran yang menempel di permukaan jaket tersebut.
Berbekal keingintahunan itu saya coba tanya sama om Google, dan ternyata.. memang benar, jaket kulit tidak bisa dicuci. Yang bisa kita lakukan hanyalah merawatnya saja, sebab jika dicuci bisa merubah warna serta jaket jadi cepat atau mudah pecah-pecah. Ada beberapa aturan khusus yang harus diperhatikan ketika kita mempunyai atau memakai jaket kulit, dari berbagai sumber, saya rangkum diantaranya yaitu :
  • Jaket jangan dicuci, cukup dibersihkan menggunakan lotion seperti handbody yang biasa kita gunakan. Sekitar satu bukan sekali hal ini perlu dilakukan supaya jaket kita tetap terjaga kelenturannya.
  • Jaket kulit jangan dilipat, cukup digantung menggunakan hanger, karena bila dilipat, warnanya bisa berubah katanya.
  • Untuk kotoran membandel bisa menggunakan minyak goreng untuk membersihkannya.
  • Usahakan tidak terkena air, jika basah, jangan dijemur di sinar matahari, tetapi di kering anginkan saja.
  • Usahakan tidak menyemprotkan parfume, karena bisa merusak kulit jaket.

1 komentar:

  1. Bener banget nih, pengalaman pernah beli jaket kulit domba garut gak sengaja basah kena air langsung jadi lecek..

    BalasHapus