Rabu, 03 Agustus 2011

Mengenal Yokai (hantu Jepang) lewat Manga

Setelah lama ga membaca komiik (tidak secara online) kemarin coba mampir ke salah satu persewaan komik (Pioo) yang berada di Purwokerto. Aku pinjam dua judul, yaiu Mokke, dan Ghost's Doctor. Dari judulnya saja sudah ketahuan, apa isinya, ya, memang kedua judul manga tadi bercerita tentang hantu.

Ghost's Doctor (Youkai no Oisha-san / 妖怪のお医者さん ) bercerita tentang kotoko, seorang gadis SMA yang memanfaatkan kekuatan'nya yang dapat melihat hantu yang merupakan keturunan dari kakeknya yang pengusir hantu untuk menjadi cukup populer di sekolahnya. Dia biasa berpura-pura mengusir hantu, padahal dia tidak melakukan apapun. Hingga suatu saat, saat bersama teman-temannya masuk ke dalam hutan untuk pengusiran, dia bertemu hantu jahat yang akan memangsa teman-temannya, untung saja ada Kuro yang menyelamatkannya dan ternyata malah mengobati hantu tersebut yang ternyata sedang tidak sehat sehingga sampai menyerang manusia. Dari sini dimulailah pekerjaan baru bagi Kotoko, yaitu menjadi asisten dari Kuro si Doktor hantu. Kisah ini makin lama makin komplek dengan terkuaknya masa lalu kuro yang kelam.




Manga yang satunya yaitu Mokke, saya lebih suka manga ini karna lebih terkesan slice of life (kehidupan sehari-hari). Pada manga ini, kita dikenalkan dengan banyak yokai-yokai dari jepang beserta deskripsi'nya yang cukup kompllit menurut saya. manga ini bercerita tentang dua bersaudara Shizuru yang bisa melihat mahluk halus, dan Mizuki yang mudah dirasuki oleh mahluk halus sehingga kemana-mana harus membawa jimat dari kakeknya yang merupakan pengusir hantu. 

Kejadian pada manga Mokke dapat kita saksikan pada kehidupan sehari-hari, sehingga lebih enak diikuti daripada manga Ghost's Doctor yang berisi perang dan berbagai khayalan lainnya yang tidak bisa kita temui di sekitar kita. jadi untuk penggemar tema slice of life dan juga supernatural, ataupun yang ingin sekedar mengenal berbagai jenis-jenis youkai dari jepang, bisa membaca kedua manga ini . . . ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar