Selasa, 16 Agustus 2011

Arigatou uncle Google, anata wa SAIKO

Tak perlu ditanyakan lagi, nama google memang sudah menjadi suatu kata yang umum yang mungkin selalu kita gunakan ketika berhadapan dengan yang namanya internet. Apa saja pertanyaan atau permasalahan yang kita hadapi, sebenarnnya hampir semua ada jawabannya di internet, tinggal bagaiman kita bisa menemukan jawaban tersebut diantara berjuta-juta domain web yang ada. 

Hanya satu jawabannya, GOOGLE. Sekali lagi marasakan manfaat google, setelah kemarin membantu saya mencari tempat download dorama dengan size kecil akhirnya ketemu, kali ini, saya bisa menemukan lagu yang tidak ada di 4shared (tempat biasa mengunduh mp3 sebelum ditutup menkominfo nantinya) saya coba googling dan, ketemu. lagu tersebut adalah milik Mika Nakashima yang berjudul Ichiban Kirei na Watashi wo yang bila di-Indonesiakan berbunyi aku terlihat paling cantik (most beautifull me) yang merupakan insert song dari Dorama yang sedang saya tonton berjudul Unubore Deka yang juga dibintangi oleh mika nakashima sendiri. Berikut lagunya:
Nakashima Mika - Ichiban Kirei na Watashi wo

Powered by mp3skull.com

Untuk mengoptimalkan penggunaan google, berikut saya sertakan beberapa tips dari blog tetangga :
  1. Ketikkan “Key Word” disertai tanda kutip, maka google akan menampilkan semua web yang mengandung kata kunci yang kita maksud sesuai dengan susunan katanya. Contoh: ketikkan “Aunur Rohman”, maka yang keluar bukan kata “Aunur” dan “Rohman” secara terpisah, tapi “Aunur Rohman” secara tersambung. Lebih jelasnya bisa dicoba dibedakan antara yang diberi dan tidak dikasih tanda petik. 
  2.  Jika ingin mencari judul page dari web yang sesuai dengan keinginan kita, maka ketikkan ”intitle:judul yang anda cari”. Contoh “ intitle: pengertian iman“ (tanpa tanda kutip). Pencarian akan mencari page yang mengandung kata “ pengertian “ sebagai judulnya dengan prioritas utama “Iman” . Jika ingin mencari kedua kata “pengertian iman” yang termuat dalam judul, maka ketikkan “allintitle: Pengertian Iman”. Maka pencarian akan dibatasi pada dua subjek utama judul yaitu “Pengertian” dan “Iman”. 
  3. JIka ingin mencari suatu topic yang ada pada suatu situs atau domain maka ketikkan “site:”. Contoh : mencari design web di situs ilmukomputer.com, maka “design web:ilmukomputer.com” (tanpa tanda kutip). 
  4.  Jika ingin membatas pencarian hanya pada URL yang mengandung key word yang kita inginkan, maka ketikkan “inurl:key word”. Sperti halnya no.1, jika terdapat dua query pencarian utama, digunakan sintaks “allinurl:” untuk mendapatkan list url tersebut.
  5. Jika ingin mencari sesuatu disertai dengan file yang kita inginkan, maka ketikkan “filetype:ekstensifile”. Contoh: mencari tentang “pengertian iman” yang tertulis dalam dokumen word, maka ketikkan ““pengertian iman” filetype:doc” (tanpa tanda kutip). Pencarian akan menghasilkan file data dengan ekstensi “.doc” yang mengandung kata “pengertian iman”.
  6. Jika ingin mencari daftar link yang termuat dalam webpage, maka ketikkan“link:namalink”. Contoh: “link:mojokerto-blog.blogspot.com”, maka google akan menampilkan semua webpage yang memiliki link mojokerto-blog.blogspot.com. 
  7. Jika ingin mencari webpage yang serupa dengan yang kita inginkan, maka ketikan “related:alamatweb”. Contoh: “related:www.ilmukomputer.com”, pencarian akan memberi daftar web page yang serupa dengan homepage ilmukomputer.
Mungkin ini sebagian dari yang aku ketahui tentang pencarian di google. Selamat ber-Searching ria. Jangan ragu-ragu menggunakannya. Gunakan google sebagaimana mestinya. Sangat rugi jika untuk yang kurang atau tidak bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar