Jumat, 02 November 2012

Cepat Buat NPWP

Menindaklanjuti postingan sebelumnya tentang medcheck dan this is sick, kali ini pada hari kamis siang, tepatnya beberapa menit sebelum tengah hari, sebuah telepon dengan nomor tak dikenal masuk. Pertama kali tak terdengar karena memang posisi handphone sedang di silent. Ketika sadar ada misscall, hape saya rubah ke mode normal, beberapa saat setelah itu, kembali, nomor yang sama menghubungi. Ternyata itu adalah telepon pemberitahuan bahwa saya dinyatakan lolos medcheck dan untuk segera berangkat ke jambi, paling tidak hari senin  (4 hari lagi) sudah berada di lokasi. Senin, sedikit shock karena begitu mendadaknya, belum lagi untuk mempersiapkan segala kebutuhan pribadi, masih ditambah daftar panjang barang-barang yang harus dibawa seperti yang tercantum dalam email yang dikirimkan. Beberapa'nya hampir tidak bisa dipenuhi bila saja pemberitahuan itu telat datang satu hari saja. Yaitu fotocopy npwp dan fotocopy buku rekening.
kpp pratama purwokero


Npwp, sebelumnya tak terpikirkan bahwa saya akan membuat npwp secepat ini setelah lulus dari kuliah. Begitu pengumuman datang, segera saya konfirmasi dengan teman yang sama-sama akan berangkat. Esoknya (hari ini/jumat) mau tidak mau harus buat, karena selain hari ini tidak akan ada lagi waktu untuk membuatnya. Berangkatlah saya jumat pagi setelah sebelumnya dari bank untuk membuka rekening baru, karena atm saya yang lama tidak masuk dalam list yang dapat digunakan (mana baru diisi juga). Sampai di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Pratama Purwokerto yang berlokasi di dekat samsat Purwokerto, atau dari terminal lama ke arah barat, keadaan berbeda dengan yang saya duga. Saya kira akan ramai dengan antrian panjang, ternyata, parkiran saja sepi. Kebetulan tentu saja, karena di hari yang pendek ini saya tidak perlu berlama-lama mengantri. 

Begitu masuk, saya disambut petugas yang duduk di dekat pintu masuk, menanyakan keperluan lalu memberi formulir untuk diisi dan nomor antrian. Untuk pembuatan npwp yang perlu disiapkan hanyalah fotocopy ktp. Tak lama nomor dipanggil, maju ke loket pelayanan, serahkan formulir, tunggu barang 10 menit, dengar sedikit penjelasan, kartu npwp dengan masa berlaku seumurhidup'pun jadi. Secepat itu, dan tanpa biaya sepeserpun yang keluar dari kantong, bahkan untuk parkirpun tidak. Maka bisa dikatakan pelayanan pembuatan npwp di kpp pratam purwokerto memuaskan. Hanya satu yang saya lupa tanyakan. Ketika dijelaskan harus lapor dalam periode satu kali satu tahun dari 1 january sampai 31 maret, apakah mulai tahun depan (2013) sudah harus dilakukan, mengingat saya membuatnya hampir di akhir tahun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar