Minggu, 24 Januari 2016

Baca novel di android format djvu

DjVu, pernah dengar? Entah apa singkatanya, tapi dibacanya sama seperti keadaan ketika kita merasakan suatu hal yang sedang terjadi saat ini pernah kita alami sebelumnya, dejavu. DjVu adalah format yang digunakan untuk sebuah ebook. Sama seperti pdf, hanya dengan ukuran file yang amat-sangat jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan pdf, dan kualitas yang baik. Bukan pdf dalm bentuk tulisan yang saya maksud, tapi pdf yang berbentuk scan-scan halaman satu buku penuh. DjVu juga demikian, isinya adalah "gambar" atau scan-scan dari masing halaman hingga membentuk satu file penuh yang biasanya merupakan satu buku novel ataupun buku fiksi.

Pertama kali mengenal DjVu ketika saya memperoleh file buku belajar bahasa Jepang, dengan format DjVu. Terpaksa saya cari aplikasi untuk membukanya di PC. Kini karena saya lebih sering membaca eBook di android, maka saya juga mencari aplikasinya untuk android, sampai akhirnya dapatlah aplikasi eBookDroid. Aplikasi ini bertajuk DjVu and PDF reader, namun sebenarnya lebih banyak lagi format yang bisa dibukanya, yaitu : DjVU, PDF, XPS (OpenXPS), FictionBook (fb2 and fb2.zip), Comics Book formats (cbr and cbz), plus - starting with version 2 - EPUB, RTF, MOBI and AWZ3. 

Membaca eBook dalam bentuk scan memang lebih menarik menurut saya daripada dalam bentuk soft-file, karena kita jadi berasa seperti sedang membaca buku fisik, meskipun hanya tampilan lembaran-lembarannya saja.

Berikut beberapa screenshoot yang saya ambil dengan hp redmi 1s saya saat menggunakan aplikasi eBookDroid ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar