Jumat, 19 Juli 2024

Mari Kita Masuk ke Dunia Per'KOPI'an

Kurang lebih sekitar satu bulan yang lalu, saya secara tidak sengaja melihat di sebuah platform e-commerce, sebuah alat yang dulu saya kira harganya sangat mahal dan diluar jangkauan saya, ternyata sekarang sangat masuk akal untuk saya beli. Alat tersebut adalah sebuah coffee maker yag menggunakan tenaga listrik untuk menyeduh kopi, tidak lagi membutuhkan atau memerlukan kita untuk merebus air terlebih dahulu. Coffee Maker yang saya lihat ini merupakan produk dari KRIS, nama yang bagi saya sudah tidak asing, karena saya dulu ketika di awal-awal menemepati rumah ini, beberapa kali berkunjung ke Ace Hardware & Informa Purwokerto, dan merk KRIS ini banyak sekali terdapat di sana. Dari sinilah muncul rencana ketika berikutnya saya sedang keluar rumah di luar pekerjaan, saya niatkan untuk menyempatkan diri sejenak mampir dan mengecek apakah di Ace Hardware Purwokerto juga terdapat coffee maker yang saya lihat barusan.

Dan tidak menunggu waktu lama, hari berikutnya ketika mengantar istri berbelanja kebutuhan bakery'nya, kami mampir sejenak ke Ace untuk mengeceknya. Benar saja, disitu terdapat barang saya saya inginkan, dengan harga yang sama persis dengan yang saya lihat di ecommerce kemarin. Dan disana juga terdapat beberapa varian yang lain dari Coffee maker, mulai dari tipe yang saya lihat, hingga coffee maker kelas usaha cafe yang harganya mencapai jutaan rupiah (ekspreso maker). Harganya mulai dari Rp 150 ribu yang hanya mampu untuk 1 gelas atau cangkir kopi, kapasitas airnya 125 ml, watt listirik hanya 300 Watt, lalu diatasnya ada kapasitas 250 ml, untuk 2 gelas kopi per sekali seduh, wattnya di 450 watt, dan ada untuk 4 cangkir, kapasitas 600 ml, dengan daya 600 watt. Disini mulai goyah, pilihan lai bermuculan.



125 ml
250 ml

125 ml

250 ml

600 ml
600 ml

Setelah cukup lama menimbang, akhirnya saya dan istri saya sepakat untuk membeli yang memiliki kapasitas 600 ml.  Untuk harga, selain yang 125 ml, baik 250 ml maupun yang 600 ml, keduanya di harga 199 ribu pada waktu itu. Hal yang waktu itu kami pertimbangkan, adalah sekalian beli yag besar, karena bisa membuat banyak kopi sekaligus, ketika sedang ada tamu, atau bisa digunakan di rumah orang tua saya nantinya. Nah kini setelah hampir sebulan saya menggunakan coffee maker ini, maka saya akan mencoba memeberikan beberapa hal yang menurut saya menjadi plus minus dari coffee maker ini.

Untuk kelebihannya sebagai berikut :

  • Pertama jelas, kapasitas besar, bisa menyeduh beberapa cangkir kopi sekaligus. 
  • Kedua, mesin ini dilengkapi dengan pemanas di bawahnya, jadi untuk kopi yang masih di teko yang disediakan di mesin ini, asalkan tidak kita matikan mesinnya, akan tetap hangat atau panas. 
  • Ketiga, mesin ini mati otomatis untuk proses penyeduhannya, jadi bisa dengan tenang kita tinggal ketika sudah mulai menyeduh.
  • Keempat, mesin ini dilengkapi dengan teknologi anti drip, anti tetes, sehingga ketika teko ditarik keluar mesin, tidak akan ada kopi yang menetes dari mesin ini. Namun ini juga menjadi salah satu kekurangannya.
  • Kelima, kesan aesthetic dan memberi pengalaman yang lain / baru dalam menikmati secangkir kopi.
  • Keenam, ruang breewing yang besar, sehingga kita bisa memodifikasi dengan kertas saring atau bahkan V60.
Sedangkan untuk kekurangannya dari mesin kopi ini apabila dibandingkan dengan mesin kopi yang lainnya adalah :
  • Kapasitas terlalu besar untuk penggunaan pribadi , atau 1 orang, sehingga ada rasa kurang nyaman ketika hanya memasukan air yang hanya 150 / 200 ml ke dalam mesin yang berkapasitas 600 ml ini.
  • Kedua, mesin ini dilengkapi dengan teknologi anti drip di tekonya dan mesinnya, yang berarti mesin ini hanya akan bekerja dengan baik ketika menggunakan teko pasangannya tersebut, bahkan tidak bisa digunakan dengan teko-teko biasa atau langsung ke gelas kita sendiri.
  • Ketiga, dengan adanya teko tambahan tersebut, maka mau tidak mau kita harus mencuci teko tersebut selain gelas yang kita gunakan untuk minum kopi sebelum atau sesudah menggunakan mesin kopi ini, berbeda dengan alat yang lain yang hanya membutuhkan gelas biasa / dari mesin langsung ke gelas untuk kita konsumsi.
Jadi, bagaimana, mau pakai mesin kopi yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar